Tujuan Pembelajaran

Guru sebagai manajer mempunyai fungsi utama yakni perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengawasi. Dari keempat fungsi di atas dapat dijabarkan sebagai berikut:
Kali ini kita akan melihat beberapa fokus guru yang akan dilihat guru sebagai perencana dimana dalam perencanaan pembelajaran harus memiliki beberapa objek yang dilakukan agar guru tersebut dapat dikatakan berhasil :
1. Menganalisis tugas
2. Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan/belajar
3. Menulis tujuan belajar

Tujuan dari pembelajaran tersebut dapat dibagi menjadi 2 bagian diantaranya adalah:
Tujuan kognitif (pengetahuan) yang diantara nya Tujuan nya adalah sebagai berikut ini :

  1. Membedakan secara kemudian menulis dengan singkat antara tiga perbedaan dari tipe dari dalai menganlisis tugas tersebut
  2. Sumber Informasi merupakan bagian pokok dalam menganalisa tugas
  3. Berikan sebuah contoh dan gambarlah sebuah diagram serta gambaran hubungan perlaku manusia dengan bagian-bagian dari tipe-tipe dalam menganalisis tugas-tugas.
  4. Gambaran bagaimanakah tiga tipe menganalisis tersebut dituliskan
  5. Dapat menuliskan dengan tepat seperangkat aturan didalam melakukan tugas yang berkaitan dengan pengetahuan.
  6. Menggunakan format yang sesuai , melakukan analisis pekerjaan dan menjelaskan tingkat pekerjaan yang sesuai untuk suatu tugas prosedural.
  7. Menggunakan format yang sesuai dan melakukan analisis keterampilan untuk pekerjaan tangan yang melibatkan alat-alat atau pekerjaan yang dapat dikerjaan sendiri dan bantuan mesin.
  8. negara dan mengakui keadaan ketika ketrampilan analisis akan sangat menguntungkan
  9. Ringkaskan menggunakan analisis tugas

Tujuan Afektif
1.Menyadari dan nilai, pentingnya analisis tugas sebelum memutuskan apakah atau tidak pelatihan diperlukan.
2.Memasukkan prinsip dalam organisasi Anda strategi profesional, sehingga menjadikarakteristik gaya manajerial

Perencanaan sudah jelas merupakan fungsi pokok seorang manajer, tanpa perencanaan suatu usaha akan mengalami kegagalan, demikian pula dengan guru, guru harus mampu merencanakan suatu proses pembelajaran seperti menentukan tujuan, menulis silabus kegiatan instruksional, menetapkan urutan topik, mengalokasikan waktu dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembelajaran membutuhkan pemikiran yang kreatif dan imaginatif. Dalam hal ini guru harus mampu merencanakannya dengan matang sehingga murid mampu menerima dan menyerap materi dengan baik karena perencanaan yang matang.
Perencanaan terdiri dari 3 aspek yang akan dicapai dan harus dimiliki,  kata yaitu, pengelolaan dan kelas. Pengelolaan itu sendiri akar katanya adalah “ kelola“, ditambah awalan “pe” dan akhiran “an”.Istilah lain dari pengelolaan kelas adalah manajemen. Manajemen adalah kata aslinya dari bahasa inggris, yaitu management. Yang berarti ketatalaksanaan, tatapimpinan, pengelolaan. Secara umum Suharsimi mengatakan bahwa manajemen atau pengelolaan adalah pengadministrasian, pengaturan atau penataan suatu kegiatan.
Sedangkan kelas menurut, adalah suatu kelompok orang yang melakukan kegiatan belajar bersama, yang mendapat pengajaran dari guru.
Perencanaan di dalai pembelajaran adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar atau yang membantu dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan bahwa perencanaan didalam pembelajaran adalah kemampuan guru dalam mendayagunakan potensi kelas berupa pemberian kesempatan yang seluas-luasnya pada setiap personal untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang kreatif dan terarah sehingga waktu dan dana yang tersedia dapat dimanfaatkan secara efisien untuk melakukan kegiatan-kegiatan kelas yang berkaitan dengan  perkembangan peserta didik.
Perencanaan adalah upaya mendayagunakan potesi kelas. Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Perencanaan adalah upaya mendayagunakan potensi kelas yang dilakukan oleh penanggungjawab kegiatan belajar-mengajar agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Teknologi Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s