Munculnya Negara Adikuasa

Perang dunia II diakhiri dengan kemenangan pihak sekutu yang terdiri dari Inggris, Prancis, Rusia (Uni Soviet) dan AS dengan kelompok sentral (poros), yang terdiri dari Jerman, Italia dan Jepang menjadi pihak yang kalah perang. Kemenangan yang diraih pihak Sekutu tidak lepas dari perang AS, yang membantu persenjataan sehingga dianggap sangat menentukan kemenangan yang diraih oleh pihak sekutu.Dalam bidang politik, AS yang tergabung dalam pihak sekutu sebagai pemenang dalam Perang Dunia II sehingga menjadikannya sebagai kekuatan baru. Akibatnya AS makin besar dan kuat pengaruhnya, bahkan berupaya menyebarluaskan dengan cara membantu negara-negara yang hancur ekonominnya akibat Perang Dunia II. Misalnya kepada Turki dan Yunani diberikan bantuan ekonomi agar tidak jatuh ke negara komunis. Bantuan AS tidak hanya kepada negara Eropa saja, melainkan juga kepada negara Asia, sehingga lahirlah kelompok negara yang memihak kepada AS yang disebut Blok Barat yang berideologikan liberalis-kapitalis.
Untuk memperkuat diri dari pengaruh komunis, negara Blok Barat membentuk pakta pertahanan tahun 1949 yang disebut NATO (North Atlantic Treaty Organization), yaitu organisasi pertahanan Atlantik Utara dengan anggota Inggris, Irlandia, Islandia, Norwegia, Denmark, Belgia, Belanda, Luxemburg, Prancis, Portugal, Kanada, dan AS. NATO bermarkas di Paris, Prancis.
Uni Soviet dalam Perang Dunia II yang juga keluar sebagai pemenang, berusaha mencari pengaruh dengan membantu negara-negara Eropa melalui cominform, yakni komite untuk propaganda menyebarluaskan pengaruh komunis di dunia. Untuk mengimbangi kekuatan NATO, pada tahun 1955 Uni Soviet mendirikan suatu pakta pertahanan yakni Pakta Warsawa yang anggotanya terdiri dari Uni Soviet, Albania, Bulgaria, Cekoslovakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, dan Rumania yang berideologi komunis. Lahirnya dua kekuatan besar di dunia tersebut mengakibatkan timbulnya rasa saling curiga dan perlombaan senjata di kedua belah pihak, sehingga masing-masing pihak diliputi suasana Perang Dingin.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s