Kekaisaran Romawi Suci (Holy Roman Empire)

Kekaisaran Romawi Suci adalah sebuah kerajaan yang ada 962-1806 di Eropa Tengah. Ini diperintah oleh Kaisar Romawi Suci. Karakternya berubah selama abad pertengahan dan periode Modern Awal , ketika kekuasaan kaisar berangsur-angsur melemah dalam mendukung para pangeran. Dalam abad terakhir, karakternya menjadi cukup dekat dengan kesatuan wilayah.

Wilayah kekaisaran yang berpusat pada Kerajaan Jerman , dan termasuk wilayah tetangga, yang pada puncaknya termasuk Kerajaan Italia dan Kerajaan Burgundy . Untuk sebagian besar sejarahnya, Kekaisaran terdiri dari ratusan sub-unit yang lebih kecil , kerajaan , duchies , kabupaten , Kota Imperial gratis dan domain lainnya.

Otto I dimahkotai Raja Jerman di 962, tapi dia tetap dianggap oleh beberapa orang telah menjadi Kudus pertama Kaisar Romawi dalam retrospeksi, meskipun Roma kekaisaran judul pertama kali dikembalikan ke Charlemagne . Otto adalah kaisar pertama dari dunia yang bukan anggota awal dinasti Carolingian . Kaisar terakhir Kekaisaran Romawi Suci adalah Francis II , yang turun tahta dan dilarutkan Kekaisaran pada tahun 1806 selama Perang Napoleon . Dalam sebuah dekrit setelah 1512 Diet dari Cologne , nama itu resmi berubah menjadi Kekaisaran Romawi Suci Bangsa Jerman.

Wilayah dan kekuasaan dari Kekaisaran Romawi Suci dalam hal masa kini negara terdiri Jerman (kecuali Selatan Schleswig ), Austria (kecuali Burgenland ), maka Republik Ceko , Swiss dan Liechtenstein , yang Belanda , Belgia , Luksemburg dan Slovenia (kecuali Prekmurje ) , selain yang signifikan bagian timur Perancis (terutama Artois , Alsace , Franche-Comté , Prancis Flanders , Savoy dan Lorraine ), utara Italia (terutama Lombardy , Piedmont , Emilia-Romagna , Tuscany , Trentino dan South Tyrol ), dan barat Polandia (terutama Silesia , Pomerania dan Neumark ).

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia, Umum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s