Pythagoras: Ahli Matematika dari Yunani

Matematika kuno telah mencapai dunia modern terutama melalui karya Yunani pada periode klasik, membangun tradisi Babilonia. Seorang tokoh terkemuka antara yang hebat matematika Yunani awal adalah Pythagoras.Pada sekitar 529 SM Pythagoras bergerak dari Yunani ke sebuah koloni Yunani di Crotona, di tumit Italia. Di sana ia mendirikan sebuah sekte filosofis didasarkan pada keyakinan bahwa angka ini adalah kebenaran yang mendasari dan tidak dapat diubah dari alam semesta. Dia dan pengikutnya segera membuat persis jenis penemuan ini untuk memperkuat iman numerik.
Pythagorean dapat menunjukkan, misalnya, bahwa catatan musik bervariasi sesuai dengan panjang string bergetar, apapun panjang string pemain kecapi mulai dengan, jika dua kali lipat catatan selalu jatuh oleh tepat satu oktaf (masih dasar skala dalam musik hari ini).
Para pengikut Pythagoras juga mampu membuktikan bahwa apa pun bentuk segitiga, tiga sudut selalu menambahkan hingga jumlah dua sudut tegak lurus (180 derajat).  (Sumber: http://www.historyworld.net)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s