Peninggalan Budaya Yunani

Sastrawan terkenal dari Yunani adalah Homerus yang menulis kitab Illiad dan Odysseia. Kedua kitab tersebut berkaitan erat dengan kejadian sejarah yang disebut Perang Troya. Kota Troya di Semenanjung Anatholia di Selatan Selat Dardanella. Seorang peneliti dari Jerman yang bernama Heinrich Schlieman telah menemukan beberapa bukti peninggalan peradaban kota Troya seperti yang dilukiskan dalam karya Homerus tersebut.Kitab Illiad menceritakan kejadian perang Troya yang disebabkan karena puteri Helena dari Sparta dilarikan oleh Pangeran Paris dari Troya.
Sedangkan kitab Odysseia mengisahkan tentang pengembaraan Odysseus sepulang dari Troya. Karena istrinya yang bernama Penelope menikah lagi maka puteranya yang bernama Telemachos menyusulnya mengembara.
Bagi bangsa Yunani kitab Illiad dan Odysseia menjadi salah satu kebanggaan dan sebagai alat pemersatu bangsa Yunani. Beberapa faktor pemersatu bangsa Yunani adalah sebagai berikut:
1.Kegiatan Olympiade untuk pemujaan dewa di Olymphus
2.Kebanggaan akan cerita Illiad dan Odysseia
3.Merasa satu keturunan yaitu bangsa Hellas
4.Merasa satu tanah air yaitu tanah Hellas/Yunani
5.Kebiasaan mendatangi kuil pemujaan/ramalan di kota Delphi
Pada bidang seni bangunan dan seni patung pada awalnya menghasilkan patung seperti patung bangsa Mesir, kemudian dikembangkan menjadi lebih hidup dengan gaya naturalis. Patung dibuat dari marmer dan perunggu. Pemahat yang terkenal di Yunani bernama Phidias, sedangkan arsitek bangunan bernama Ikhtinus.
Pada masa pemerintahan Perikles seni bangunan Yunani berkembang pesat. Peninggalan Yunani kuno antara lain kuil pemujaan. Di bukit Acropolis berdiri megah kuil Parthenon dan kuil Erechteum yang di dalamnya terdapat patung dewi Palas Athena.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s