Pemerintahan Romawi: sebuah ringkasan

Menurut sejarahnya, pemerintahan di Romawi dibagi sebagai berikut:
Kerajaan (Monarkhi) 750-500 SM
Pada mulanya Romawi berbentuk kerajaan (monarkhi) dengan rajanya yang pertama adalah Romulus. Raja-raja Romawi berasal dari keturunan pendatang yaitu bangsa Etruska yang memerintah penduduk asli sebelumnya yaitu suku bangsa Latin.Republik Romawi 500-27 SM
Pada masa Republik Romawi pembagian penduduk didasarkan atas dua golongan yaitu: Patricia dan Plebea. Patricia berasal dari kalangan pemilik tanah yang luas atau orang yang secara turun temurun sudah merupakan kelas aristokrat (bangsawan). Golongan Patricia dianggap seabgai warga negara penuh. Patricia berasal dari bahasa latin “patres” yang berarti ayah, sedangkan Plebea berasal dari bahasa Latin “plebs” yang berarti orang banyak. Mereka dianggap warga negara secara tidak penuh, namun masih memiliki beberapa hak politik dan hak untuk mengumpulkan kekayaan.
Kekasaisaran Romawi 27 SM-395
Pada masa kekaisaran dapat dibagi dua bagian yaitu Masa Pax Romana (Imperium Romawi) dari tahun 27 SM sampai dengan tahun 180. Antara tahun 180-395 Kekaisaran Romawi mengalami masa kemunduran.
Pada masa Pax Romana, Imperium Romawi mengalami masa kejayaan yang diperintah oleh 16 orang Kaisar mulai dari Oktavianus sampai Marcus Aurelius.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s