Para ahli geografi dari Miletus

Tidak ada yang diketahui dari peta dunia diduga diproduksi di Miletus oleh Anaximander di SM pertengahan abad ke-6. Tetapi pada akhir abad ini, juga di Miletus, ahli geografi lain menulis sebuah buku yang detail yang cukup bertahan selama gagasannya dibangun kembali. Dia Hecataeus.Seperti pembuat peta paling awal, Hecataeus menempatkan tempat yang paling penting di pusat dunia. Untuk kartografer Kristen abad pertengahan ini adalah Yerusalem . Untuk Hecataeus itu adalah Laut Aegea, di pantai timur yang merupakan singkatan dari Miletus.
Bentuk dunia menurut Hecataeus memiliki kesederhanaan geometris. Ini adalah lingkaran datar, dengan laut terus menerus membentuk pinggirannya. Massa tanah melingkar dibagi menjadi dua bagian oleh peregangan hampir tak terputus air dihubungkan dengan laut di sebelah barat di Selat Gibraltar, kemudian menjalankan timur panjang Mediterania, melalui Laut Hitam dan (setelah jembatan tanah pendek) ke Laut Kaspia, yang bergabung dengan laut di sebelah timur.
Setengah lingkaran di atas tanah ini sabuk air adalah Eropa, sementara setengah lingkaran di bawah ini adalah Asia. Barat bagian dari Sungai Nil memiliki nama anak perusahaan dari Libya, berdiri di untuk Afrika.
Hecataeus adalah pada akhir abad perintis ilmu pengetahuan Yunani di Miletus, yang terletak di sebelah timur daratan Yunani. Pada periode yang sama sebuah pusat baru spekulasi ilmiah Yunani sedang dikembangkan jauh ke barat, dalam tradisi Pythagoras dari Italia selatan.
Filsafat Yunani sangat terkait dengan Athena, karena Socrates, Plato dan Aristoteles. Namun sejarah ilmiah bersaksi agak lebih terhadap penyebaran kolonial kebudayaan Yunani putaran Mediterania. Ionia dan Samos, Italia dan Sisilia, Alexandria, ini adalah tempat di mana orang-orang Yunani akan membentuk tradisi rasional ilmu pengetahuan barat. (Sumber: http://www.historyworld.net)

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s