Thucydides: Sebuah Biografi Singkat

Thucydides adalah seorang sejarawan Yunani yang lahir di alimos antara tahun 460 dan 455 SM dan meninggal antara 411 dan 400 SM Ia dikenal karena bukunya Sejarah Perang Peloponnesia yang rincian perang antara Sparta dan Athena di abad ke-5. Seperti banyak penulis dari waktu itu banyak informasi yang kita tahu tentang dia berasal dari ini, pekerjaan satu-satunya, di mana kita memperoleh pandangan kita tentang kepribadian dan pemikirannya tentang para pemimpin Athena.
Thucydides adalah seorang aristokrat Athena yang diyakini berada di akhir dua puluhan atau awal tiga puluhan ketika perang pertama pecah di 431 SM Thucydides terkenal menjelaskan kepada kita wabah Athena tahun 430 SM, yang menewaskan hampir sepertiga populasi kota Athena dan juga Athena pemimpin Pericles. Thucydides memberi kita detail dari wabah dan kesulitan itu disebabkan orang Atena
Ia juga dikenal bahwa dia adalah seorang jenderal Athena (Strategos) pada 424 SM dan di perintah dari 7 kapal yang ditempatkan di Thásos dan kemudian harus disalahkan atas penangkapan Amphipolis.
“Itu juga nasibku menjadi pengasingan dari negara saya selama dua puluh tahun setelah perintah saya di Amphipolis, dan hadir dengan kedua belah pihak, dan lebih khusus lagi dengan Peloponnesians dengan alasan pengasingan saya, saya punya waktu luang untuk mengamati berbagai urusan”.
Hal ini menyebabkan dia yang dihukum mati dan melarikan diri ke Thracia. Thucydides tidak kembali ke Athena selama 20 tahun. Itu karena ini bahwa ia memutuskan untuk menulis Sejarah Perang Peloponnesia. Memiliki mengasingkan Thucydides ke Athena sehingga ia dapat untuk melakukan perjalanan ke negara-negara sekutu Peloponnesia, memberikan laporan rinci dari kedua sisi. Menggunakan wawancara, meneliti catatan, memberikan saksi mata memberi dan sendiri mengambil peristiwa menyediakan tampilan yang mendalam di perang dari kedua belah pihak.
Tanggal kematiannya juga merupakan bahan perdebatan karena beberapa berpendapat meninggalnya Thucydides pada tahun 411 SM, ia mungkin telah meninggal sekitar waktu itu. Namun, juga dinyatakan oleh Pausanias bahwa hukum yang telah disahkan yang memungkinkan Thucydides untuk kembali ke Athena pada 404 SM tapi dia dibunuh dalam perjalanan pulang. Oleh karena itu sebagaimana terbukti ada ruang untuk banyak perdebatan pada saat ia benar-benar mati tetapi akan adil untuk menganggap bahwa ia meninggal antara 411-404 SM.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s