Montezuma II: Kaisar IX Suku Aztec

Moctezuma II, merupakan kaisar ke-9 suku Aztec, dikenal sebagai Motecuhzoma Xocoyotzin.
Namanya memiliki banyak ejaan, termasuk Montezuma dan Motecuhzoma. Sarjana modern terkadang memanggilnya Moctezuma II untuk membedakan dia dari kaisar lain dari nama itu, tapi pada masanya jumlah itu tidak digunakan.
Dia lahir sekitar 1466, dan menjadi penguasa sukses dan umum bahkan sebelum ia menjadi kaisar 1502-1520. Montezuma merupakan kaisar terkenal di kekaisaran Aztec dan dianggap memiliki lambang-lambang kebesaran diabndingkan raja-raja Eropa pada periode yang sama.
Saat itu pada 1517 bahwa kaisar pertama mendapat kabar bahwa orang asing mendarat di pantai. Pada 8 November 1519, terjadi pertemuan antara Cortes dan Moctezuma. Selama beberapa bulan berikutnya, ia dipenjarakan oleh Spanyol sebagai penaklukan berlangsung. Dia meninggal pada tahun 1520 selama pertempuran dengan Spanyol, meskipun penyebab pasti kematiannya terjadi  perbedaan pendapat.
Sebenarnya, itu bukan satu-satunya yang adalah masalah perbedaan pendapat. Hampir setiap aspek Moctezuma II telah terbuka untuk kontroversi. Masalahnya adalah bahwa sumber sangat bertentangan. Ada yang menulis ulang sejarah, atau mungkin semua orang itu. Orang Spanyol tidak diragukan lagi cemas untuk membenarkan penaklukan kerajaan. Masyarakat adat sendiri mungkin ingin seseorang untuk disalahkan juga. Untuk alasan ini, sulit untuk mendapatkan melampaui dasar-dasar dan benar-benar memahami orang itu.
Dalam banyak hal, kaisar ini diyakini telah keras dalam putusan kerajaannya. Ini mungkin alasan mengapa Cortes bisa menemukan sekutu di antara kota-kota Meksiko pada penaklukannya. Banyak mungkin senang atas kesempatan untuk membebaskan diri dari suku Aztec yang kuat.
Ketika sampai ekspansi menaklukkan dan, itu benar-benar kaisar sebelumnya yang mencuri sorotan – Ahuitzotl. Kekaisaran melewati tahapan ekspansi, dan Ahuitzotl adalah kaisar yang bertanggung jawab atas yang terbaru. Dia lebih dari dua kali lipat wilayah dominasi.
Salah satu jenderal besar yang terlibat dalam pertempuran, namun, adalah keponakannya  yaitu Moctezuma. Ketika dia berkuasa setelah kematian Ahuitzotl itu, wajar bahwa pekerjaannya harus mengkonsolidasikan kekuatan yang datang sehingga baru-baru ini oleh suku Aztec. Ia memperkuat pemerintahan sendiri dan bangsawan, meskipun penaklukan tidak begitu luas sebagai penguasa di hadapannya.
Bukti tampaknya akan dipelajari bahwa Moctezuma II sebenarnya penguasa rajin dan pintar. Ini mungkin bahwa ia telah salah menilai dari pertemuannya dan kehilangan ke Spanyol sebagai ragu-ragu, takhayul dan perhitungan.
Orang Spanyol dalam kenyataannya mungkin baru saja memberikan alasan yang diperlukan untuk perang saudara yang tak terelakkan. Orang-orang Eropa tidak menaklukkan kerajaan saja, mereka hanya bagian dari kekuatan yang mengubah urutan hal di Meksiko.
Keyakinan bahwa suku Aztec mengambil Spanyol untuk dewa akan datang lebih lebih dipertanyakan. Orang-orang agama, tapi tidak berpendidikan. Dapat dipertanyakan apakah itu adalah takhayul dari kaisar yang kejatuhannya atau tidak.
Tidak ada yang yakin bagaimana ia meninggal. Dia mungkin telah tewas oleh Spanyol ketika mereka merasa ia tidak lagi berguna. Sumber-sumber lain mengklaim dia dibunuh oleh rakyatnya sendiri, yang merasa telah kehilangan mereka kekaisaran. Ia mungkin yang meninggal dipermalukan pada bulan Juni 1520.
Moctezuma II digantikan oleh Cuitláhuac saudaranya, maka dengan Cuauhtemoc keponakannya, yang terakhir dari para kaisar Aztec.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s