Bangsa Arya

Banyak ahli sejarah menduga bahwa peradaban Mohenjo-Daro dan Harappa runtuh akibat serbuan bangsa Arya. Bangsa Arya merupakan bagian dari rumpun bangsa Indo-Eropa. Mereka masuk ke india melalui Khyber Pass (Celah Khyber) dari arah barat daya. Bangsa arya diperkirakan masuk india tahun 1000 SM, dalam kurun waktu berkembangnya. Peradaban India kuno sejak 1500-500 SM. Fakta menunjukkan bahwa bangsa Arya datang ke India jauh setelah peradaban lembah sungai Indus runtuh.
Pengetahuan mengenai awal bangsa arya diperoleh dari kitab Rigweda, yang merupakan kitab tertua dan paling suci bagi umat Hindu. Kitab ini merupakan kumpulan doa kepada dewa bangsa Arya. Syair doa-doa tersebut berisi beberapa informasi sejarah mengenai bangsa Arya dan suku-suku asli India.
Dalam rigweda digambarkan bangsa Arya adalah bangsa yang suka perang. Mereka mampu menaklukkan bangsa India asli. Dalam berperang, mereka menggunakan kuda dan senjata yang terbuat dari perunggu. Pemimpin suku disebut raja (kepala suku) sebagai pemimpin pada waktu perang dan damai. Dibawah raja terdapat pendeta, yang memimpin upacara ritual. Pendetah yang paling mengetahui tata cara upacara ritual. Masyarakat dibagi menjadi beberapa golongan menurut fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Sistem penggolongan ini merupakan cikal bakal lahirnya sistem kasta.
Ketika bermigrasi kearah sebelah timur, seperti lembah sungai  Gangga dan daerah Delhi sekarang, bangsa Arya bertemu dengan peradaban penduduk asli. Mereka mengadopsi budaya setempat dan sekaligus juga menyebarkan kebudayaannya. Dari pertemuan itu, lahirlah sintetis budaya yang kemudian membentuk budaya India baru.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s