Napoleon: Sejarah Singkat

Nama Napoleon Bona Parte amat termasyur di dunia. Beliau dilahirkan pada tahun 1769 M, di Ajaccio, Carcica Italia. Putra dari Carlo dan Letiza Romalio Bonaparte.
Napoleon Bona Parte sudah mendapatkan pendidikan militersejak masih belia, bi Brienne, dan di Perancis. Beliau adalah seorang para ahli di bidang alteleri.
Di dalam Ensiklopedia Americana tercatat: Pada tahun 1778, Napoleon Bona Parte yang berusia 9 tahun serta kakaknya Joseph berusia 10 tahun, memasuki pendidikan di The Oration College, Autun Perancis. Tiga bulan kemudian mereka mengikuti pendidikan pada The Militerry School di Brienne dengan beasiswa dari Louis XVI. Karena kehebatannya di bidang Matematika Napoleon dikirim mengikuti latihan militer lanjutan di Ecole Militaire Paris dan menamatkan pendidikannya disini pada tahun 1784 M.
Pada tahun 1791 Napoleon sudah berpangkat letnan kolonel. Kearifannya berperang selama terjadi Revolusi Prancis melanjutkannya ke jenjang pangkat Brigadir Jenderal di tahun 1793, pada usianya 24 tahun ia berhasil memimpin penyerbuan ke Italia dan beberapa negara Eropah lainnya.
Prestasinya melonjak lagi ketika ia menduduki jabatan sebagai Konsul pertama Republik Prancis tahun 1799-1804, kemudian ia menjadi Kaisar Prancis yang memerintah secara diktator di tahun 1804-1815. Napoleon meninggal dunia di St. Helena, Atlantik pada tanggal 5 Mei 1821.
Dilihat dari perjalanan karirnya di bidang militer dan masuk ke bidang politis dalam jangka waktu cepat, maka banyak ahli sejarah menyatakan bahwa Napoleon Bonaparte mempunyai ambisi yang besar, bukan hanya ingin menjadi penguasa tertinggi di Prancis tetapi ia juga ingin mengikuti jejak Alexander Agung dari Macedonia yang dapat menguasai Eropah dan Asia.
Perkembangan politik di Eropah pada abad ke-18 diwarnai dengan gejolak sosial, maka terjadilah Revolusi dan Reformasi di berbagai bidang, dimulai dengan reformasi bidang pemilikan tanah, pertanian, ekonomi dan Industri Kekuatan kaum Feodal terpecah, oleh sebab itu masyararakat kelas menengah dapat bersuara dan memperoleh kebebasan untuk berdagang baik di Eropa atau di luar Eropa.
Di lihat dari bidang pemerintahan, Napoleon BonaParte dikenal sebagai seorang Diktator yang memberikan nuansa baru bagi pemerintahan Perancis, terutama di segi Administrasi pemerintahan, bidang hukum, perobahan juga terjadi dibidang urusan gereja, pendidikan dan perbankan.
Kebijakan yang dijalankan oleh Napoleon selama 16 thn di Eropa adalah mengatur Inggris. Beliau menyerukan Nasionalisme guna menghimpun suatu kekuatan baru bagi Eropa. Stragegi militer Eropa dan politik Aliansi diplomatik serta membentuk koalisi untuk manghadapi musuh- musuh Prancis yang di sebutnya sebagai musuh bersama yaitu Inggris. Napoleon menyerukan Nasionalisme guna menghimpun suatu kekuatan baru bagi Eropa.

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Sejarah Dunia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s