Kerajaan Tarumanegara

KERAJAAN TARUMANEGARA

a. Letak

Tarumanagara atau Kerajaan Taruma adalah sebuah kerajaan yang pernah berkuasa di wilayah barat pulauJawa pada abad ke-4 hingga abad ke-7 M. Taruma merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang meninggalkan catatan sejarah. Kerajaan Tarumanegara terletak di lembah Sungai Citarum, Jawa Barat. Wilayahnya meliputi Banten, Jakarta sampai perbatasan Cirebon.

b. Sumber

Prasasti Ciaruteun (Citarum)/Ciampea. Ditemukan di tepi Sungai Ciaruteun, Bogor. Pada prasasti ini hurufnya terdiri dari empat baris     syair, juga terpahat lukisan semacam laba-laba dan sepasang telapak kaki. Empat baris syair tersebut berbunyi:

ini bekas kaki yang seperti kaki Dewa Wisnu, ialah kaki Yang Mulia Purnawarman, raja di negeri Taruma, raja yang gagah berani di dunia

Prasasti Kebon Kopi. Ditemukan di daerah perkebunan kopi, Kampung Muara Hilir, Cibungbulang, Bogor. Pada prasasti ini terdapat dua telapak kaki gajah yang disamakan dengan telapak kaki gajah Airawata, kendaraan Dewa Wisnu. Isi prasasti ini berbunyi:

“Disini tampak sepasang telapak kaki…yang seperti Airawata, gajah penguasa Taruma (yang) Agung dan dalam kejayaan”

Prasasti Jambu/Pasir Koleangkak. Prasasti ini ditemukan di Bukit Koleangkak, perkebunan Jambu, sebelah barat Bogor.Isi prasati:

Gagah, Mengagumkan dan jujur terhadap tugasnya adalah pemimpin manusia tiada taranya, yang memerintah di Taruma, dan yang baju zirahnya tak dapat ditembus musuh. Ini ada sepasang delapak kakinya, yang senantiasa berhasil menggempur kota-kota musuh, dihormati para pangeran, tapi menjadi duri dalam daging bagi musuh-musuhnya”.

Prasasti Lebak/Cidanghiang. Ditemukan di Kampung Lebak, di tepi Sungai Cidanghiang, Pandeglang, Banten. Isi prasasti berbunyi:

Inilah keperwiraan, keagungan, dan keberanian yang sesungguh-sungguhnya dari raja dunia, yang mulia Purnawarman, yang menjadi panji sekalian raja”.

Prasasti Tugu. Ditemukan di Tugu, Cilincing, Jakarta. Isinya adalah tentang kepribadian Purnawarman, dan juga tindakannya yaitu perintah membangun terusan bernama Sungai Candrabhaga dan Sungai Gomati.

Prasasti Pasir Awi. Ditemukan di Pasir Awi, Bogor. Isinya memuat tapak kaki namun prasasti ini belum bisa dibaca.

Prasasti Muara Cianten. Ditemukan di Muara Cianten, Bogor. Prasasti ini juga belum bisa dibaca.

Arca-arca. Diantaranya adalah Arca Rajasi, yang berasal dari Jakarta, dua buah patung Wisnu dan Cibuana.

Berita Cina. Catatan perjalanan I-Tsing (Abad 7 M), Berita dari Dinasti Tang, dan Berita dari Fa-Hien. Dari Dinasti Tang disebutkan bahwa Kerajaan Taruma beberapa kali mengirimkan utusan ke Cina pada tahun 528, 535, 666, dan 669 M.

c. Politik

Kerajaan Tarumanegara telah menjalin hubungan baik dengan negara-negara lain hal ini dapat dilihat dari berita Cina yang menyebutkan kerajaan Tarumanegara telah beberapa kal mengirimkan utusan ke Cina

d. Sosial

Raja Purnawarman pernah memerintahkan penggalian Sungai Gomati untuk mencegah banjir dan pertanian serta pemberian sedekah berupa 1.000 ekor sapi kepada para Brahmana. Pembangunan terusan yang panjangnya 6122 busur (12 km) yang dikerjakan dalam waktu 21 hari.

e. Kepercayaan

Purnawarman menganut agama Hindu Waisnawa (agama Hindu yang memuja Dewa Wisnu sebagai dewa tertinggi).

f. Ekonomi

Rakyat Tarumanegara bermatapencaharian berternak, berdagan, berburu, bertani

g. Raja-Raja Tarumangera

  1. Jayasingawarman (358-382)
  2. Dharmaya Warman (382-395)
  3. Purnawarman (395-434)
  4. Wisnuwarman (434-455)
  5. Indrawarman (455-515)
  6. Candrawarman (515-535)
  7. Suryawarman (535-561)
  8. Kertawarman (561-628)
  9. Sudhawarman (628-639)
  10. Hariwangsawarman (639-640)
  11. Nagajayawarman (640-666)
  12. Linggawarman (666-669)
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s