Teori Challenge and Response: Tentang Lahirnya Suatu Peradaban

Sungai dan lahirnya teori challenge and response
Seorang sejarawan inggris Arnold Joseph Toynbee menghubungkan teori Challenge and response yang diciptakannya dengan tumbuhnya suatu peradaban (civilization). Menurut pendapat Toynbee, masyarakat yang tinggal disekitar sungai selalu dihadapkan pada tantangan alam (challenge). Tantangan tersebut mendorong mereka untuk terus hidup (survive).  Timbullah pemikiran untuk menghadapi (response) tantangan tersebut. Keberhasilan mereka dalam menghadapi tantangan tersebut melahirkan peradaban.
Usaha untuk menjawab tantangan dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, semakin luas tanah yang diolah,semakin besar tingkat kemakmuran dan semakin besar pertumbuhan jumlah penduduk. Kemampuan mengolah tanah semakin meningkat, demikian pula kegiatan sehari-hari semakin beragam. Kedua, untuk membangun proyek-proyek irigasi, mengatur pembagian dan pengolahan tanah, mengatur penduduk, serta untuk mempertahankan penduduk dari serangan bangsa lain dibutuhkan pemerintahan terpusat.
Sebagian anggota masyarakat meninggalkan tanah pertanian untuk mengembangkan teknologi perundagian. Adapun yang lain memusatkan perhatiannya pada matematika dan arsitektur untuk memenuhi bangunan yang dibutuhkan masyarakat. Dalam sistem kepercayaan, mereka yakni bahwa hidup mereka diatur oleh dewa-dewa yang harus disembah. Mereka juga berusaha menjelaskan misteri hidup mereka, seperti dari mana berasal, mengapa ada sakit, dan ada kematian. Dalam menjawab tantangan alam dan misteri hidup, mereka berusaha memelihara tradisi.
Pengetahuan yang dimiliki masyarakat sangat berharga sehingga mereka berusaha memeliharanya. Untuk memenuhi tujuan ini, mereka menciptakan tulisan untuk mencatat semua kegiatan, temuan, dan kepercayaan. Tulisan juga digunakan untuk menginformasikan pengalaman masa lalu mereka pada generasi yang akan datang. Teori ini dapat dihubungkan untuk menjelaskan tentang perkembangan peradaban masyarakat kuno yang terdapat di Asia, Afrika, dan Eropa.

About these ads

Komentar Dimatikan

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia, Sejarah Indonesia

Komentar ditutup.