Mitos dan Legenda

MITOS ATAU MITOLOGI
Mite (myth) adalah cerita yang memiliki latar belakang sejarah, dipercayai oleh masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi, dianggap suci, banyak mengandung hal-hal ghaib dan umumnya tokoh berwujud dewa atau setengah dewa.
Mitologi adalah ilmu tetntang kesustraan yang mengandung konsep dongeng suci, kehidupan para dewa, dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan.
Cerita yang di miliki setiap suku bangsa di Indonesia umumnya terkait dengan sejarah kehidupan masyarakat di suatu daerah, seperi awal mula masyarakat manampati suatu daerah, kisah tentang terjadinya alam semesta, dunia, manusia  pertama, terjadinya maut, bentuk khas binatang, bentuk topografi, gejala alam, petualangan para dewa, kisah precintaan, hubungan kekerabatan, kisah perang, dunia dewata dan makanan pokok.
Mitos di Indonesia dibagi menjadi 2 macam berdasarkan tempat asanya, yakni:
a.Asli Indonesia, dan
b.Berasal dari luar negeri terutama India, Arab, dan kawasan laut tengah
LEGENDA
Legenda adalah prosa rakyat yang dianggap oleh yang punya cerita sebagai suatu kejadian yang sungguh-sungguh pernah terjadi. Jan Harold Brunvand menggolongkan legenda menjadi 4 kelompok, yaitu legenda keagamaan, legenda kegaiban, legenda perseorangan dan legenda lokal/setampat.
a.Legenda keagamaan adalah legenda yang diangggap suci atau saleh.karya semacam ini termasuk forklore karena versi asalnya masih tetap hidup dikalangan masyarakatsebagai tradisi lisan. Contoh : Legenda Wali Songo.
b.Legenda Kegaiban umumnya berbentuk kisah yang dianggap benar-benar terjadi dan pernah dialami seseorang. Fungsi legenda ini adalah untuk meneguhkan kebenaran “tahayul” atau keppercayaan rakyat. Contoh : kepercayaan terhadap adanya hantu, genderuwo, sundel bolong, dan tempat-tempat gaib.
c.Legenda perseorangan menceritakan tokoh tertentu yang dianggap pernah ada dan benar-benar terjadi. Contoh: Legenda Panji yang berasal dari tradisi lisan yang sering berintegrasi dengan dongeng “Ande-ande Lumut” dan dongeng “Kethek Ogleng”.
d.Legenda Lokal/Setempat adalah legenda yang berhubungan dengan nama tempat, terjadinya gunung, bukit, atau danau. Contoh : Terjadinya Danau Toba.

About these ads

Komentar Dimatikan

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia

Komentar ditutup.