Munculnya Kehidupan di Bumi

Bumi telah lama ada sebagai  tempat berpijak manusia. Bumi merupakan sebagai selasatu tata surya , yang mana menurut proses terjadinya menimbulkan beberapa teori. Salah satunya adalah Teori nebula atau teori kabut yang dikemukakan oleh Immanuel Kant dan La Place.
Menurut teori ini, Bumi yang kita tepati ini terbuat  dari kabut pijar. Yang sangat panas.  Pada awalnya ada kabut pijar yang berputar pada porosnya, Kemudian sebagi massa kabut terlempar dari  kabut induk. Massa kabut yang terlempar itu  ikut berputar mengelilingi kabut induk. Oleh karena itu pengaruh suhu maka bagian luar dari kabut itu membeku, Sedangkan bagian dalam masih panas.  Salah satu massa kabut itu adalah bumi  yang kita tepati ini.  Perkembangan bumi ini dapat kita ketahui melalui. Penelitian geologi, yaitu penelitian tenteng lapisan kulit bumi. Lapisan bumi terbentuk akibat proses endogen dan eksogen. Oleh para ahli geologi, terbentuknya lapisan kulit bumi itu dijadikan sebagai criteria pembagfian zaman sebagai berikut.
Zaman Arkeakum
Zaman ini di tandai dengan keadaan bumi yang belum stabil dan masioh  panas   Sehingga belum ada kehidupan. Berlangsung kira-kira 2.500 juta Tahun Yang lalu..
Zaman Hidup Tua (Paleozoikum)
Zaman ini ditandai muali adanya kehidupan mahluk hidup berasal satu atau mikroorganisme disebut juga zaman preimer. Berlangsung mulai kira-kira 340 juta tahun yang lalu.
Zaman Pertengahan (Mesozoikum)
Zaman ini di tandai dengan  berkembang  pesatnya  binatang reptile, antra lain dinosaurus , atlantosaurus, serta jenis burung dalam bentuk yang sangat besar. Disebut juga zaman sekunder, yang berlangsung kira-kira 140 juta tahun yang lalu.
Zaman Hidup Baru (Neozoikum)
Zaman ini di tandai dengan kondisi dan suhu bumi yang semakin membaik, tidak terjadi perubahan yang mencolok dan kehidupan yang berkembang pesat. Berlangsung kira-kira 60 juta tahun yang lalu.
Zaman Neozoikum dibagi atas dua zaman sebagai berikut.
1.Zaman tersier, Yang ditandai binatang-binatang besar mulai berkurang dan telah  hidup dari jenis-jenis binatang menyusui, yaitu jenis kera dan moyet.
2.Zaman kuarter, yang di bedakan lagi menjadi:
Zaman pleistosen atau zaman Diluvium, yang ditandai adanya pengertian zaman es mencair.  Suhu bumi masih belum stabil. Jika suhu turun, Permukaan es di bumi makuin luas dan permukaan laut semakin turun , begitu juga sebaliknya. Berlangsung sekitar  600.000 tahun lalu.  Pada zaman ini jenis manusia mulai muncul di muka bumi.
Zaman Holosen atau zaman Alivium, yang di tandai adanya homo sapiens (manusia cerdas). Berlangsung sekitar 20.000 tahun yang lalu sampai sekarang.

About these ads

Komentar Dimatikan

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Dunia, Sejarah Indonesia

Komentar ditutup.