Periodisasi dalam sejarah

Periodisasi Sejarah
Rentang waktu masa sejak manusia ada hingga sekarang merupakan rentang yang sangat panjang sehingga para ahli sejarawan sering mengalami kesulitan untuk memahami masalah-masalah yang muncul dalam sejarah kehidupan manusia. Periodisasi adalah pembabakan waktu yang berurutan sesuai dengan waktu kejadian. Periodisasi dalam sejarah adalah tingkat perkembangan masa dalam sejarah. Untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan sejarah kehidupan manusia, para ahli menyusun suatu periodisasi sejarah atau pembabakan masa sejarah.
Periodisasi dibuat dengan tujuan agar dapat diketahui ciri khas atau karakteristik kehidupan manusia sehingga mudah dipahami. Dalam periodisasi ini, akan diketahui:
Perkembangan kehidupan manusia, Kesinambungan antara periode yang satu dengan periode berikutnya, Terjadinya fenomena yang berulang, Perubahan dari periode yang awal sampai pada periode berikutnya.
Periodisasi dalam sejarah dilakukan oleh masyarakat, bangsa, atau negara di seluruh du¬nia. Periodisasi dalam sejarah ini juga dilakukan, karena pada setiap periode sejarah terdapat rangkaian- rangkaian peristiwa atau kejadian dengan jumlah yang sangat banyak.

Periodisasi sejarah Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  1. Zaman prasejarah, adalah zaman sebelum manusia mengenal tulisan, Zaman sejarah, adalah zaman dimana manusia sudah mengenal tulisan, yang terdiri dari:
  2. Zaman kuno, sejak kerajaan tertua sampai abad ke 14 di masa-masa berkembangnya kebudayaan Indonesia yang dipengaruhi agama Hindu dan Budha,
  3. Zaman Indonesia baru, mulai abad 15 sampai abad 18 yang membicarakan masa berkembangnya budaya Islam,
  4. Zaman Indonesia modern, sejak masa pemerintahan Hindia Belanda (1800), Indonesia merdeka sampai sekarang.

Berikut periodisasi sejarah Eropa:

  1. Zaman Eropa purba, membicarakan tentang kehidupan dan perkembangan jenis-jenis manusia purba di Eropa, seperti Homo neanderthalensis (di Jerman), Cromagnon (di Prancis), Piltdown dan manusia Sussex (di Inggris).
  2. Sejarah Eropa kuno, membicarakan asal mula kemunculan dan perkembangan peradaban Eropa kuno dengan fokus pembahasan pada peradaban Yunani dan Romawi.
  3. Sejarah Eropa abad pertengahan, membicarakan keadaan Eropa setelah runtuhnya Romawi. periode ini sering disebut dengan zaman kegelapan di Eropa karena besarnya pengaruh gereja di segala bidang kehidupan masyarakat Eropa.
  4. Sejarah Eropa zaman renaisans dan humanisme, membicarakan mengenal mulainya ma¬syarakat Eropa menemukan jati dirinya dan tata care kehidupan masyarakat Eropa semasa Yunani dan Romawi. Hak-hak asasi manusia mendapat perhatian khusus sehingga tindakan sewenang-wenang terhadap kehidupan manusia mulai terhindarkan.
  5. Sejarah Eropa baru, membicarakan kemajuan-kemajuan yang dicapai bangsa-bangsa Eropa setelah revolusi industri.
  6. Sejarah Eropa modern, membicarakan tentang pekembangan bangsa Eropa setelah perang Dunia II hingga sekarang.

Adapun tujuan periodisasi adalah sebagai berikut:
1. Melakukan penyederhanaan,
2. Memudahkan klasifikasi dalam ilmu sejarah,
3. Mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis,
4. Memudahkan pengertian, dan
5. Memenuhi persyaratan sistematika ilmu pengetahuan.

About these ads