Bukti dan fakta sejarah

Bukti adalah sesuatu yang dapat memperkuat kebenaran suatu pendapat maupun kesimpulan.Dalam ilmu sejarah,bukti merupakan jejak-jejak peninggalan perbuatan pada masa lampau.
Fakta adalah pernyataan tentang sesuatu yang telah terjadi.sedangkan fakta dalam ilmu sejarah merupakan pernyataan tentang kejadian yang merupakan proses mental dari sejarawan yang bersifat subjektif.
Beberapa defenisi fakta sejarah menurut para ahli sebagai berikut:

  1. Sartono Kartodirjo, Menurut Sartono Kartodirjo,fakta sebenarnya merupakan produk dari proses mental (sejarawan) atau memorisasi karena itu wajar kalau fakta itu ada unsur subjektivitasnya.Untuk itulah dalam penelitian sejarah diperlukan ketajaman interprestasi dan kejujuran para sejarawan.
  2. F.J Tiger, Fakta merupakan sumber penyelidikan secara kritis yang di tarik dari  sumber-   sumber dokumenter
  3. Louis Gottschalk, Fakta sebagai suatu unsur yang di jabarkan secara langsung atau tidak langsung dari sumber sejarah yang dipandang kredibel.
  4. Backer, Menurut Backer,fakta dapat digolongkan menjadi dua,yaitu sebagai berikut : fakta lunak dan fakta keras.

Fakta lunak
Fakta lunak atau fakta mentah (coldfact) adalah fakta yang masih labil dan memerlukan penyelidikan lebih lanjut untuk menuju kejadian yang jelas.
Fakta keras
Fakta keras (hardfact) adalah fakta yang sudah stabil dan teruji kebenarannya.
Dari pandangan para ahli tersebut,dapat dikatakan bahwa fakta dalam sejarah adalah rumusan atau kesimpulan yang di ambil dari sumber sejarah atau dokumen.
Adapun fakta sejarah mempunyai beberapa bentuk antara lain:
Artefak
Artefak adalah semua benda baik secara keseluruhan atau sebagian di ubah atau dibentuk oleh manusia,dari benda-benda yang mudah dipindahkan (kecil) sampai yang bersifat monumental (tidak dapat dipindahkan)
Fakta mental dalam sejarah
Fakta mental adalah kondisi yang dapat menggambarkan suasana pikiran,perasaan,batin,,kerohanian dan sikap yang mendasari suatu karya cipta.jadi,fakta mental bertalian dengan perilaku ataupun tindakan moral manusia,yang menentukan baik buruknya kehidupan manusia masyarakat dan Negara.Fakta mental juga merupakan fakta yang sifatnya abstrak atau kondisi yang menggambarkan alam pikiran,kepercayaan atau sikap,misalnya kepercayaan suatu masyarakat dan kepercayaan yang melambangkan kepercayaan nenek moyang dan benda upacara.
Fakta sosial dalam sejarah
Fakta sosial adalah fakta sejarah yang berdimensi sosial yakni kondisi yang mampu menggambarkan tentang keadaan sosial,suasana zaman dan system kemasyarakatan,misalnya interaksi (hubungan) antarmanusia.Fakta sosial sebagai bukti sosial yang memunculkan suatu peristiwa atau kejadian.

About these ads