Kitab-Kitab Masa Kediri, Majapahit dan Islam

PADA ZAMAN KEDIRI
Arjunawiwaha
Arjunawiwaha merupakan karya Mpu Kanwa pada tahun 1030 M pada masa: pemerintahan Airlangga. isinya  meriwayatkan Arjuna yang bertapa untuk mendapatkan senjata guna keperluan perang melawan Kurawa.
Kresnayana
Kresnayana merupakan karya Mpu Triguna. Memuat  riwayat Kresna semasa kecil. Cerita yang mirip dengan Kresnayana  adalah cerita  dalam  kitab Hariwangsa karya Mpu Panuluh, yang digubah pada zaman Raja Jayabaya, dan berisi kisah perkawinan Kresna dengan Dewi Rukhimi.
Smaradahana
Smaradahana merupakan karya Mpu Dharmaja .pada masa Sri Kameswara Mengisahkan hilangnya suami istri Dewa Kama dan Dewi Ratih karena api yang sejarah keluar dari mata ketiga Dewa Syiwa.
Baratayudha
Baratayudha merupakan karya Mpu Sedah dan Mpu Panuluh. Isinya tentang peperangan 18 hari antara keluarga Pandawa dan Kurawa.
Gatotkacasraya
Gatotkacasraya merupakan karangan Mpu Panuluh, menvceritakan  perkawinan Abimayu, putra Arjuna, dengan Siti Sundhari atas bantuan Gatotkaca, Putra Bima. Gatotokacasraya ditulis pada zaman Raja Jayabaya.
PADA ZAMAN MAJAPAHIT
Nagarakretagama
Nagarakretagama ditulis pada zaman pemerintahan Hayam Wuruk oleh Prapanca.  Berisi tentang kerajaan Singasari dari masa pemerintahan Ken Arok raja pertama Singosari hingga Hayam Wuruk.
Sutasoma
Sutasoma merupakan karangan Mpu Tantular, menceritakan Sutasoma, putra raja yang kemudian mendalami agama Budha. Dalam kitab ini, terdapat kalima, “Bhinneka tunggal ika, tan hana dharma mangrwa. “Bhinneka tunggal ika inilah -yang kemudian menjadi semboyan persatuan kita.
Arjunawijaya
Arjunawijaya merupakan karangan Mpu    Kitab ini mengisahkan Raja Arjuna Sasrabahu dan Patih Sumantri melawan Raksasa Rahwana.
Kutaramanawa
Kutaramanawa ditulis oleh Gajah Mada, disusun berdasarkan kitab hukum Kutarasastra dan kitab hukum Munawasastra kemudian disesuaikan dengan hukun adat pada waktu itu.
PADA ZAMAN MAJAPAHIT II
Nagarakertagama
Kitab ini memunyai peran besar dalam penulisan sejarah Indo¬nesia. Kitab ini menguraikan sejarah kerajaan Singosari dan Majapahit.
Pararaton
Diperkirakan kitab ini berasal dari tradisi lisan sehingga tidak ditemuka¬n nama pengarangnya.
Sundayana
Kitab ini menceritakan nasib raja Sunda, Sri Baduga Maharaja yang ¬datang ke Majapahit untuk mengantarkan putrinya.
Panji Wijayakrama
Kitab ini menceritakan tentang riwayat Raden Wijaya sampai menjadi raja Majapahit.
Ranggalawe
Mengisahkan tentang pemberontakan Ranggalawe dari Tuban terhadap  raja Jayanegara.
Sorandaka
Mengisahkan pemberontakan Sora terhadap raja Jayanegara.
Pamancangah
Mengisahkan sejarah para Dewa Agung dari kerajaan Gelge (Bali).
Usana Jawa
Menceritakan penaklukan Bali oleh Gajah Mada dan Arya Damar.
Usana Bali
Menceritakan kekacauan di Bali disebabkan mengganasnya seorang raksasa bernama Maya Danawa.
PADA MASA ISLAM
Muncul banyak karya sastra seperti hikayat. Hikayat adalah Karya sastra yang isinya beraneka ragam. Pada hakekatnya Hikayat adalah cerita dongeng belaka. Banyak bersifat supranatural, seperti: Hikayat Raja Pasai dan Hikayat Silsilah Perak. Hikayat Pandawa Lima, Hikayat Perang Pandawa Jaya, Hikayat Sri Rama, Hikayat Maharaja Rahwana, Hikayat Pancatantra. Selain kitab, ada pula cerita panji seperti: Syair Ken Tambunan, Lelakon Mahesa Kuitir, Syair Panji Sumirang, Cerita Wayang Kinundang, Hikayat Panji Kuda Sumirang, Hikayat Cekal Wenengpati, Hikayat Panji Wilakusuma.
Selain itu, terdapat kitab suluk (kitab yang bercorak magis, berisi ramalan, penentuan hari baik dan buruk, dan pemberian makna terhadap suatu kejadian), antara lain sebagai berikut.
Suluk Sukrasa, menceritakan Ki Sukrasa yang mencari ilmu untuk mendapatkan kesem¬purnaan.
Suluk Wujil, berisi wejangan Sunan Bonang kepada Wujil, bekas abdi Raja Majapahit.
Suluk Malang Sumirang, berisi pujian dan mengungkapkan seseorang yang telah men¬capai kesempurnaan dan bersatu dengan Tuhan Yang Maha Esa.
Kitab yang ditulis oleh para pujangga dari kerajaan Islam di Indonesia di antaranya, sebagai berikut.
Kitab Bustanu’lssalatin, ditulis oleh Nuruddin Ar-Raniri dari Aceh, berisi mengenai adat¬istiadat Aceh dan ajaran agama Islam.
Kitab Sastra Gending, ditulis oleh Sultan Agung dari Mataram, berisi tentang ajaran-¬ajaran filsafat serta kitab Nitisruti, Nitisastra, dan Astabrata yang bersumber pada kitab Ramayana. Berisi tentang tabiat baik.
Kitab Ade Allopiloping Bicaranna Pabbahi’e oleh Amanna Gappa dari Makasar. Berisi tentang hukum-hukum perniagaan bagi kerajaan Makassar.

About these ads

Komentar Dimatikan

Filed under Materi Sejarah SMA

Komentar ditutup.