Jenis-Jenis Sejarah

Sejarah sebagai suatu ilmu pnegetahuan mencatat  berbagai peristiwa atau kejadian yang telah terjadi pada masa lampau dalam lingkup kehidupan manusia. Peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian dalam sejarah itu dapat diklasifikasikan ke dalam bebarap jenis sejarah. Akibatnya, pembahasan sejarah lebih terfokus pada suatu masalah, walaupun pembahasannya itu sulit meninggalkan masalah-masalah  yang lainnya. Jenis-jenis sejarah yang dimaksudkan itu adalah sebagai berikut:
Sejarah lokal
Sejarah lokal mengandung suatu pengertian, bahwa suatu peristiwa Yang telah terjadi hanya meliputi suatu daerah dan tidak menyebar ke daerah lainnya. Peristiwa itu muncul hanya untuk daerah yang bersangkutan. Misalnya sejarah lokal tentang jakarta, yogyakarta, sumatra utara,sulawesi selatan, kalimantan timur, dan bali.
Sejarah lokal tentang suatu daerah memuat masalah awal suatu daerah tersebut seperti asal usul daerah bersangkutan sampai kepada perkembangan daerah itu pada masa berikutnya. Dalam sejarah lokal akan muncul tokoh-tokoh lokal yang memperjuangkan daerahnya dan bahkan hingga kini tokoh tersebut menjadi kebanggaan daerah bersangkutan. Contohnya:perjuangan  sultan hasanuddin dari kerajaan goa makasar. Nama dan jasa perjuangan sultan hasanuddin sangat melekat pada masyarakat sulawesi selatan. Begitu pula dengan tokoh-tokoh daerah lainnya, tak akan pernah pudar dihati masyarakatnya. Bahkan masyarakat memiliki kebanggan terhadap tokoh-tokoh pejuang dari daerahnya.
Sejarah nasional
Sejarah nasional mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang telag terjadi mencakup kawasan yang lebih luas dari sejarah lokal. Sejarah nasional meliputi suatu peristiwa yang terjadi dalam suatu negara dan dapat mempengaruhi kehidupan bangsa-bangsanya dalam berbagai sektor seperti politik, ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya.misalnya, peristiwa G30 S / PKI. Peristiwa ini sangat besar dambpaknya terhadap perkenbangan politik nasionalindonesia. Bahkan peristiwa itu telah menimbulkan trauma pada bangsa indonesia, sehingga melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga tertinggi negara, yaitu MPRS, sepakat membentuk ketetapan(Tap MPRS tentang pelarangan perkembangan paham komunis di wilayah indonesia, atau menetapkan bahwa PKI dijadikan sebagai partai terlarang berdiri dan berkembang di wilayah indonesia.
Terdapat banyak peristiwa sejarah yang meliputi tingkat nasional indonesia, seperti peristiwa dekrit presiden 5 juli 1959,krisis moneter dan kepercayaan yang menyebabkan berakhirnya kekuasaan orde baru. Banyak lagi peristiwa lain yang meli[uti tingkat nasional juga dialami oleh negara-negara lainnya, seperti sejarah nasional cina dengan munculnya gerakan nasionalisme cina dibawah pimpinan sun yat sen, sejarah nasional filipina dengan munculnya dengan munculnya gerakan nasionalisme filipina di bawah pimpinan jose rizal.
Sejarah dunia
Sejarah dunia mengandung suatu pengertian bahwa suatu peristiwa yang terjadi dapat mempengaruhi perkembangan dunia internasional. Peristiwa-peristiwa yang terjadi dapat meliputi bebagai masalah dari beberapa negara. Misalnya, perang dunia I dan II.
Walaupun lokasi atau wilayah peperangan dari perang dunia I hanya meliputi kawasan eropa, tetapi dampaknya dapat dirasakan di seluruh dunia, terutama dalam masalah eknomi. Perang dunia I telah menimbulkan kehancuran dalam bidang ekonomi, sehingga muncul krisis ekonomi sedunia ( malaissE )tahun 1929.
Disamping itu, perang dunia II yang telah menimbulkan  trauma dalam kehidupan bangsa-bangsa di dunia. Perang dunia II telah menelan korban jutaan manusia yang tidak berdosa, seperti pengeboman kota hirosima dan nagasaki oleh pasukan udara amerika serikat. Oleh karena itu setiap perang yang terjadi di dunia baik perang besar maupun perang kecil mendapat kutukan dari ,asyarakat dunia. Bahakan setiap manusia di dunia dimanapun ia berada tidak perah menginginkan terjadinya perang.
Sejarah geografi
Geogarfi  merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi. Pembahasan dalam geografi menyangkut tentang geologi ( ilmu tanah ), flora ( ilmu tumbuh-tumbuhan ), dan manusia.
Setiap peristiwa sejarah selalu berkaitan dengan letak geografis suatu tempat. Oleh karena itu, ilmu geografi sangaat membantu dakam pengkajian sejarah terutama dalam penentuan tempat peristiwa sejarah.
Masalah-masalah sejarah juga memilki  keterkaitan dengan masalah giografii.karena sejarah membahas masalah-masalah atau peristiwa-peristiwa yang telah terjadi, maka untuk menjawab suatu pertanyaan tentang  ‘’di mana peristtiwa itu terjadi?” secara langsung maupun tidak langsung parah ahli mengaitkannya dengan tempat atau lokasi kejadiannya. Untuk menentukan   tempat kejadian itu, ilmu geografi tidak dapat ditinggalkan, karena para ahli akan mempertanyakan tentang mengapa ditempat tersebut terjadi suatu peristiwa sejarah?”
Oleh karena itu, perkembangan sejarah tidak akan pernah dapat dipisahkan dari keadaan geografis dari suatu wilayah alasannya, sejarah justru membahas berbagai peristiwa atau kejadian-kejadian yang telah terjadi pada masa lampau yang dipengaruhi oleh kondisi geografis suatu wilayah. misalnya, dalam menentukan tempat terjadinya suatu peristiwa bersejarah.
Sejarah ekonomi
Ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang membahas adanya upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tidak ad manusia yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya sendiri, sehingga untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya  mereka membutuhkan bantuan orang lain. Keadaan seperti inilah yang kemudian menimbulkan terjadinya sistem ekonomi dalam masyarakat.
Masyarakat indonesia mulai mengembangkan sistem ekonominya sejak masa bercocok tanam ( zaman prasejarah atau zaman sebelum masuknya pengaruh Hindu-Budha. Sistem perekonomian yang berkembang pada masa itu dilaksanakan dengan sistem barter, yaitu pertukaran barang dengan barang. Kehidupan seperti ini terus berkembang hingga pada kehidupan masyarakat dari masa perundagian.
Kondisi alam indonesia yang terdiri dari pulau-pulau besar dan kecil yang dihubungkan oleh selat dan laut, pelayaran merupakan suatu hal yang mungkin untuk melaksanakan hubungan ekonomi di antara masyarakat indonesia. Perkembangan perdagangan masyarakat indonesia semakin bertambah pesat semenjak terjalimmya hubungan perdagangan antara cina dan romawi serta india melalui jalur pelayaran perdagangan melewati wilayah perairan indonesia.
Melalui hubungan perekonomian dan perdagangan ini, bangsa indonesia menjalin hubungan dengan dunia luar, sehingga pengaruh-pengaruh kebudayaan luar yang di bawa oleh kalangan pedagang luar itu, mulai masuk ke wilayah indonesia seperti pengaruh india, cina, arab, dan lain-lain.
Sejarah ekonomi bangsa indonesia berkembang dari tingkat ekonomi yang sangat sederhana ketingkat ekonomi yang lebih luas lagi, bahkan tidak akan pernah tertinggal dengan masalah-masalah nasional dan internasional.

About these ads