Kerajaan Kutai

KERAJAAN KUTAI
a. Letak

Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai terletak di Muarakaman, tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

b. Sumber

  • Berita cina dari Dinasti Tang (618-908 M)
  • Arca Buddha berlanggam seni arca Gandhara di Kota Bangun (Kutai)
  • Arca kehidupan seperti arca Ganesha di Serawak (Malaysia)
  • Prasasti-prasasti (Yupa). Tujuh buah prasasti yang disebut Yupa yang berbentuk tiang batu yang dipergunakan untuk mengikat hewan korban yang dipersembahkan oleh rakyar Kutai kepada para dewa yang dipujanya.prasasti ini menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta. Isi prasasti:silsilah raja yang mengatakan bahwa Maharaja Kudungga mempunyai seorang putra yang bernama Aswawarman yang disamakan dengan Dewa Ansuma (Dewa Matahari). Aswawarman mempunyai tiga orang putra, salah satunya adalah Mulawarman.

c. Politik

Raja pertama Kutai adalah Kudungga, dengan masuknya agama Hindu diwilayahnya, Kudungga kemudian mengubah struktur pemerintahannya menjadi pemerintahan kerajaan dan diperintah oleh seorang raja. Setelah raja Kudungga mangkat, pemerintahan digantikan oleh putranya yang bernama Aswawarman. Kerajaan Kutai mengalami masa kejayaan pada saat diperintah oleh Raja Mulawarman, ia adalah raja yang bijaksana, kuat, dan berkuasa. Selain itu dia juga menjalin hubungan yang baik dengan kaum Brahmana dengan bukti raja Mulawarman yang memberikan sedekah 20.000 (atau 1.000) ekor sapi kepada para Brahmana.

d. Sosial

Berdasarkan prasasti Yupa di Kutai telah berkembang masyarakat yang memiliki kebudayaan hasil perpaduan antara unsur budaya India dengan budaya lokal. Hal ini dapat dilihat dari golongan masyarakat yang menguasai bahasa sanskerta dan dapat menulis huruf Pallawa, yaitu golongan Brahmana. Golongan lainnya adalah golongan Ksatria yang terdiri dari kerabat Raja Mulawarman. Selain kedua golongan tersebut terdapat juga golongan lain yang pada umumnya adalah rakyat Kutai Purba yang masih memegang teguh agama asli leluhur mereka.

e. Kepercayaan

Agama yang dianut oleh Raja Mulawarman adalah agama Hindu Syiwa, dari salah satu prasasti Yupa yang menyebutkan tempat dalam tanah yang sangat suci yang diberi nama Waprakeswara (tempat suci untuk memuja dewa Syiwa)

f. Ekonomi

Mata pencaharian masyarakat Kutai adalah berternak, berdagang dan bertani.

g. Raja-Raja Kerajaan Kutai

  • Kudungga
  • Aswawarman
  • Mulawarman
About these ads

Komentar Dimatikan

Filed under Materi Sejarah SMA, Sejarah Indonesia

Komentar ditutup.